Memasuki hari kedua (16 Oktober 2018) Workshop Peningkatan Mutu Sekolah Angkasa Bidang Kurikulum dan Kesiswaan serta Sosialisasi Uji Kompetensi Guru dan Rekrutmen Tenaga Pendidik di Lanud Adisutjipto diawali dengan penjelasan Implementasi 10 Program Unggulan Sekolah Angkasa dan Prosedur Operasional Standar dilanjutkan dengan materi BCCT dan RPPM, PJBL dan Silabus, serta Refleksi penguatan pendidikan karakter Sekolah Angkasa. Pada kesempatan kali ini para peserta mendapat tugas mempresentasikan hasil implementasi analisis secara mendalam kondisi permasalahan karakter siswa di sekolah Angkasa. Selain itu para peserta ditugaskan untuk menuliskan program Angkasa Berkarakter yang sudah diterapkan.

Diskusi tersebut dipimpin oleh kepala sekolah Angkasa masing-masing dengan menyusun program pengembangan Angkasa Berkarakter berbasis Tri Abdi Angkasa Nusantara serta mengidentifikasi program yang sudah ada.

Diruangan yang berbeda Lembaga Pendidikan Islam (LPI) melakukan sosialisasi rekrutmen tenaga pendidik dan UKG, penilaian CV dan teknis pelaksanaannya bersama dengan para Ketua Yasarini Cabang jajaran. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendapatkan guru yang berkompetensi , kepribadian, sosial dan profesional, kemudian terpenuhinya kebutuhan guru sesuai dengan standar Sekolah Angkasa yang profesional.