Pelaksanaan Workshop Peningkatan Mutu Sekolah Angkasa Bidang Kurikulum dan Kesiswaan serta Sosialisasi Uji Kompetensi Guru dan Rekrutmen Tenaga Pendidik di Lanud ATS berlangsung sejak tgl 15 Oktober sampai dengan 17 Oktober 2018.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan sambutan Ketua Umum Yasarini oleh Wakil Ketua Umum Yasarini, ibu Ayu Yuyu Sutisna. Dalam sambutan, Ketua umum menyatakan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pendidikan bergantung pada manajemen di sekolah, sesuai dengan diadakannya workshop ini, bidang kurikulum dan kesiswaan dapat bergerak cepat memperbaiki dan mengevaluasi diri secara masiv. Siswa adalah tanggungjawab sekolah seutuhnya ketika berada di lingkungan sekolah. Karakter siswa diluar sekolah adalah juga dipengaruhi oleh hasil karya para guru membina siswa saat mereka di sekolah. Tidak ada siswa yang tidak bisa dididik, yang ada ialah guru yang tidak bisa dididik dan mendidik.

Sehubungan dengan guru, Ketua Umum Yasarini pun sangat berharap agar seluruh guru sekolah Angkasa dibawah pengelolaan Yayasan Ardhya Garini mampu juga secara bersama meningkatkan kompetensi dan profesionalisme serta piawai menyesuaikan diri dan eksistensinya dengan kebutuhan pendidikan dan pembelajaran zaman sekarang. Perencanaan baik, pelaksanaan, dan evaluasi kemudian refleksi dan direncanakan kembali demi perbaikan adalah lingkaran proses yang minimal dilaksanakan di sekolah. Siapapun pelakunya bila lingkaran proses minimal ini dilaksanakan, sekolah akan tetap baik.

Setelah sambutan kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Uji Kompetensi Guru dan rekruitmen. Semenjak lahirnya, Yasarini belum pernah menyelenggarakan Uji Kompetensi Guru (UKG) di internal secara masiv, sehingga dengan program ini diharapkan berdampak baik khususnya bagi Sekolah Angkasa agar bisa mendapatkan gambaran kompetensi guru secara riil yang kemudian akan dianalisa selanjutnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Dengan mengetahui hasil tes maka sangat diharapkan program yang disusun oleh Yasarini bekerjasama dengan LPI Sabilillah dapat dilaksanakan. Kegiatan nyata dalam program workshop adalah para peserta diberi materi Uji Kompetensi dan sosialisasi seleksi Guru Sekolah Angkasa dengan praktik pengisian Curiculum Vitae.

Diantara program tambahan yang sebelumnya belum ada adalah materi dalam workshop ini yaitu antara lain penyusunan program pendidikan karakter, refleksi program ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi, penyusunan program ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi, dan penyusunan rencana tindak lanjut seluruh program tersebut. Di hari terakhir akan dimantapkan fengan program visitasi sebagai wujud nyata progress pelaksanaan tujuan program workshop yang dilaksanakan sebelumnya juga di sekolah-sekolah Angkasa Yasarini di Lanud ATS.