Penganugerahan Habibie Award Periode XX Tahun 2018 tahun ini diselenggarakan di Jakarta, 13 November 2018, dihadiri oleh Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto.

Anugerah Habibie atau Habibie Award adalah hadiah yang diberikan oleh Yayasan Sumber Daya Manusia (SDM) – Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), Habibie Center. Yayasan yang di didirikan Presiden RI yang ke-3, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan dapat menjadi stimulus dan memberikan dorongan kepada para Ilmuan untuk menghasilkan prestasi tertinggi di bidang IPTEK. Nadia Sofia Fitri Dahlia Habibie, cucu Prof. Dr. Ing. H. BJ Habibie, FREng berkesempatan menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut.

Ketiga ilmuwan yang mendapatkan Habibie Award adalah Prof. Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah (Bidang Ilmu Dasar), Prof. dr. Rovina Ruslami, SpPD., PhD. (Bidang Ilmu Kedokteran) serta Prof. Dr. Advin Adrian, B.Eng, M.Sc (Bidang Ilmu Rekayasa).

Berikut profil singkat tiga ilmuwan yang mendapatkan penghargaan Habibie Award:

– Prof dr Eng Mikrajuddin Abdullah
Ahli fisika nanometerial dengan hasil riset di bidang nano sintesis, karakterisasi, dan pengembangan teori. Abdullah juga ilmuwan yang memiliki karya 44 buku dan 89 makalah ilmiah internasional sehingga memiliki h-index scopus 19.

– Prof dr Rovina Ruslami SpP, PhD
Rovina adalah ahli Tuberkulosis (TB) khususnya bidang obat-obatan TBC dan pengobatan maningitis TB. Beliau juga memiliki scopus h-index 14 yang cukup tinggi melalui pubmed (rujukan medical database bagi ilmuwan kedokteran).

– Prof dr Edvin Aldrian B. Eng, M.Sc
Beliau saat ini menjabat sebagai professor di bidang mateorologi dan klimatologi pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang juga aktif sebagai Anggota Dewan Panel PBB yaitu Intergovermental Panel on Climate Change (IPCC) menjabat sebagai Wakil Ketua I. Beliau juga tergabung dalam Ikatan Alumni Program Habibie yang saat ini berkerjasama bersama YASARINI meningkatkan mutu pendidikan SMA Pradita Dirgantara terutama dalam bidang ilmu teknologi.