Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Oleh karena itu, Yasarini sebagai yayasan yang membawahi seluruh sekolah Angkasa se Indonesia mengadakan kegiatan Uji Kompetensi Guru (UKG). Kegiatan Ujian ini diharapkan dapat mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content Guru. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru.

Verifikasi dan Analisis Hasil UKG dan Nilai Curriculum Vitae (CV) diselenggarakan selama 3 hari, mulai hari ini Sabtu 3 November hingga Senin 5 November 2018 serentak di empat wilayah Perwakilan. Perwakilan Koopsau I, dan Perwakilan Kodiklatau dilaksanakan di Jakarta dihadiri Ketua Harian Yasarini Pusat Ibu Wieko Sofyan, Perwakilan Koopsau II dilaksanakan di Makassar dihadiri Kepala Bidang HRD Yasarini Pusat Ibu Lucia Wahab, Perwakilan Koopsau III dilaksanakan di Jayapura dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Yasarini Pusat Ibu Dini Irawan beserta Pengurus Yasarini Pusat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Seleksi Guru Sekolah Angkasa yang dilaksanakan secara bertahap. Kegiatan dimulai dari Sosialisasi Juknis Penilaian Seleksi Guru kemudian dilanjutkan dengan Pendaftaran dan pengisian CV, Seleksi Administrasi yang meliputi Validasi CV oleh Pengurus Cabang dibawah koordinasi Pengurus Perwakilan, Uji coba tes UKG, dan dilanjutkan Tes Uji Kompetensi Guru Sekolah Angkasa secara online di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk tanggung jawab Yasarini untuk membina profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan secara berkelanjutan, yang dilaksanakan secara maksimal untuk mendapatkan tenaga guru yang memiliki klasifikasi akademik dan kompetensi terbaik. Guru sebagai agen pembelajaran, harus sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan pendidikan terbaik berstandar Nasional yang telah ditetapkan, demi kemajuan dan meningkatnya mutu Sekolah Angkasa yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bersama Angkasa, Jayalah Nusantara!