Sejalan dengan misi pemerintah dalam mengoptimalkan pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) bekerja sama dengan Dharma Pertiwi (Persatuan Istri Prajurit Tentara Nasional Indonesia) menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran bagi kepala sekolah dan guru yayasan dilingkungan Dharma Pertiwi.

Kegiatan ini berlangsung 24-27 Juni 2019 di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pada hari terakhir pelatihan (26/6), kepala sekolah dan guru dibekali materi pemanfaat TV Edukasi dan Suara Edukasi serta pembuatan video pembelajaran sederhana oleh kepala Sub Bidang Perancangan dan Produksi Bidang PTP berbasis radio,televisi,dan film Pustekkom Kemendikbud.

Selain dibekali materi, peserta juga menampilkan hasil karya video yang dibuat perkelompok salah satunya kelompok guru-guru sekolah Angkasa yang menampilkan hasil karyanya. Abdur Arsyad Stand Up Comedy hadir dan berbagi pengalaman kepada seluruh peserta terkait dengan isi konten video pembelajaran.

Pelatihan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran bagi kepala sekolah dan guru yayasan dilingkungan Dharma Pertiwi, ditutup langsung oleh ketua umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto. Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto berharap dalam era milenial saat ini dengan penguasaan TIK akan sangat membantu dalam pembelajaran peserta didik di sekolah-sekolah jika dibandingkan dengan masa lampau. Kecepatan dan jangkauan kegiatan pembelajaran akan sangat mungkin jauh melompat maju dengan penguasaan TIK.