SMA Pradita Dirgantara menggelar diskusi akademik dengan Goethe Institut pada Senin, 15 Maret 2021. Diskusi ini diikuti oleh Ketua Umum Yasarini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Wakil Ketua Umum Yasarini Ibu Inong Fajar Prasetyo, Ketua Harian Yasarini Ibu Ana Fahru Zaini, Direktur dan staf Direktorat Pengembangan Sekolah Pradita Dirgantara, Kepala SMA Pradita Dirgantara, guru, managemen sekolah serta para siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara serta jajaran pengurus Yasarini Pusat.

Diskusi ini adalah serangkaian diskusi penjajakan kerjasama dengan Jerman khususnya dengan Goethe Institut. Lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah Jerman untuk mengembangkan pembelajaran Bahasa dan Budaya Jerman di seluruh dunia termasuk Indonesia. Rangkaian ini guna membicarakan langkah konkret kerjasama-kerjasama pendidikan yang bisa dikembangkan di SMA Pradita Dirgantara dan sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan Ardhya Garini, khususnya bidang pengajaran Bahasa dan Budaya Jerman.

Dalam diskusi ini, pihak Goethe Institut mengirim utusan terbaiknya sebagai narasumber, antara lain yakni Gregorius selaku Asisten program studienbruecke dan Nelly Morchel yang mempunyai peran sebagai Proyek kolaborator program Studienbrücke.

Dimana kita tahu Jerman merupakan salah satu dari tiga tempat kuliah terbaik yang paling digemari oleh mahasiswa mancanegara. Studi di Jerman sama dengan memperoleh pendidikan dengan kualitas tertinggi dan merupakan landasan optimal bagi karir yang sukses di negara asal dan di seluruh dunia.

Studienbrücke sendiri merupakan program pendidikan persiapan kuliah yang diselenggarakan oleh Goethe Institut bekerjasama dengan Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD) dan perguruan-perguruan tinggi mitra Jerman di negara bagian Nordrhein-Westfalen serta Brandenburg. Program ini mempersiapkan para siswa-siswi dan lulusan Sekolah Menengah Atas, termasuk lulusan berprestasi istimewa, yang tertarik untuk meneruskan pendidikan ke jenjang kuliah.

Program ini meliputi kemampuan berbahasa Jerman, penguasaan bahasa kejuruan dan budaya belajar agar mampu untuk langsung memulai kuliah di jenjang Sarjana atau Bachelor pada satu perguruan tinggi mitra di salah satu bidang MINT (matematika, informatik, pengetahuan alam, teknik), atau Ekonomi dan Akuntansi.

Diskusi ini diharapkan mampu membantu para siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara dan orang tua murid dalam memberikan informasi serta tahapan dan sistem tentang perkuliahan di luar negeri terutama di Jerman. Setelah adanya diskusi ini, penyelenggara berharap agar para siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara semakin yakin dan mantap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lewat program Studienbrücke oleh Goethe Institut dan menjadi kebanggaan negara.

(Humas Yasarini Pusat)

Website : https://yasarini.tni-au.mil.id/
Instagram : https://www.instagram.com/yasarinipusat/
Facebook : https://www.facebook.com/yasarinisekolahangkasa