SMA Pradita Dirgantara menggelar webinar soal pemanfaatan maggot (hermetia illucens) sebagai inovasi sistem edukasi pengelolaan “multy ekosystem farming and zero waste” secara virtual pada Senin, 15 Maret 2021.

Webinar kali ini dihadiri Ketua Umum Yasarini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Wakil Ketua Umum Yasarini Ibu Inong Fajar Prasetyo, Ketua Harian Yasarini Ibu Ana Fahru Zaini, serta jajaran Pengurus Yasarini Pusat lainnya. Hadir juga Direktur dan staf Direktorat Pengembangan Sekolah Pradita Dirgantara, Kepala SMA Pradita Dirgantara, guru, managemen sekolah serta para siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara.

Dalam webinar soal pembahasan Maggot ini, SMA Pradita Dirgantara mengundang Dr. Melta Rini Fahmi, S.Pi., M.Si. dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sebagai narasumber. Dipilihnya tema Maggot ini karena Maggot merupakan salah satu dari sekian banyak jenis lalat yang ternyata memiliki banyak manfaat.

Maggot atau Larva Black Soldier Flyatau yang dikenal sebagai lalat tentara ini, memiliki ukuran lebih panjang dan besar. Meskipun dari keluarga lalat, namun BSF tidak menularkan bakteri, penyakit, bahkan kuman kepada manusia. Maggot berguna secara ekologis dalam proses dekomposisi bahan-bahan organik.

Selain bermanfaat untuk mereduksi sampah organik, Maggot mempunyai nilai ekonomis yaitu bisa menjadi sumber pakan ternak dan menjadi pupuk, sebab Maggot mengandung protein tinggi dan kandungan gizi yang baik untuk pakan ikan dan unggas.

Ketua Umum Yasarini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan Dengan adanya webinar kali ini ia percaya bahwa ilmu disampaikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua, khususnya soal pengolahan sampah organic lewat Maggot tersebut.

Nantinya, diharapkan Maggot tersebut dapat menjadi agen alternatif yang mampu menekan volume sampah organik, dan juga mempunyai nilai ekonomis, serta dapat dimanfaatkan oleh SMA Pradita Dirgantara dalam program kolam terpadu dan poultry center yang telah dibangun di sekolah ini untuk menunjang pembelajaran dan pemanfaatan lingkungan.

(Humas Yasarini Pusat)

Website : https://yasarini.tni-au.mil.id/
Instagram : https://www.instagram.com/yasarinipusat/
Facebook : https://www.facebook.com/yasarinisekolahangkasa