Rapat Koordinasi lanjutan SMK Angkasa Bersama DTECH Engginering hari ke dua, Selasa 6 April 2021 di Halim Perdanakusuma, Jakarta berjalan lancar. Pada rakor tersebut, sangat banyak masukan dan ide baru dari berbagai sudut pandang berbeda, yang diutarakan berbagai pihak untuk kemajuan SMK Angkasa. Termasuk inovasi-inovasi baru yang terinspirasi dari DTech Engineering. Dan inilah yang menjadi tujuan dan harapan kita dari diselenggarakannya rakor ini.

Sama seperti hari pertama, rakor lanjutan ini juga dihadiri pejabat petinggi Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Pengurus Pusat seperti, Ibu Nanny Hadi Tjahtjanto selaku Ketua Umum Yasarini, Ibu Inong Fadjar Prasetyo selaku Wakil Ketua Umum Yasarini, Ibu Ana Fahru Zaini selaku Ketua Harian Yasarini, Ketua Yasarini Pewrwakilan Koopsau I serta pengurus Yasarini Pusat lainnya, dan tak lupa juga kepala SMK Angkasa dari seluruh Lanud di Indonesia.

Setelah mengikuti diskusi panjang, bersama-sama, didapatilah susunan kurikulum Teaching Factory Teaching Industry atau TEFA/TI, yang kemudian akan di-implementasikan di SMK Angkasa di seluruh Lanud di Indonesia. Dalam diskusi itu meliputi High profile project yang bertujuan untuk memajukan SMK melalui pembuatan produk berteknologi tinggi, Pelaksanaan TEFA yaitu dengan mengimplementasikan project berbasis mesin CNC. Kemudian membahas tentang penyusunan silabus mengenai penerapan teaching factory dan teaching industry di SMK Angkasa bersama DTech Enginering, yang meliputi cara men-design, Job Machining, serta Pelatihan Guru dan Siswa.

Selanjutnya setelah diskusi yang melahirkan rumusan kurikulum TEFA/TI tersebut telah sesuai dengan konsep merdeka belajar dan inovasi pembelajaran, dilakukanlah penyusunan dan penanda-tanganan MoU, antara SMK Angkasa di bawah naungan Yasarini dengan Dtech Engineering. Dan sebagai pilot project bersama Dtech Engineering, akan kita awali dengan startup yang akan membuat mini drone, yang potensi pasarnya sangat besar namun produsennya masih sangat terbatas di dunia. Dengan tercapainya MoU hingga pembuatan high profile project, akan menjadi bentuk peran serta kita bersama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya melalui pembinaan peserta didik SMK Angkasa untuk menjadi SDM unggul untuk masa depan bangsa Indonesia.

Diharapkan melalui kurikulum baru nantinya dapat membuat SMK Angkasa yang kita bina, berkembang lebih baik dan lebih maju, serta lebih dekat dengan tujuan besar kita sebagai bentuk sumbangsih dalam mencetak generasi emas bangsa Indonesia tahun 2045.